• Trik Mengajar Supaya Siswa Tertarik dan Termotivasi


    Mengajar itu horisontal, bukan vertikal
    Sifat mengajar yang horisontal berarti kita sebagai tentor menempatkan diri sama tinggi dengan siswa kita. Kita berbicara sebagai orang yang lebih dahulu tahu, bukan lebih pintar. Kita mentransfer ilmu, bukan memberi ilmu. Saya seringnya mengatakan seperti ini setelah perkenalan:
    “Saya berdiri di depan anda sekalian bukan karena saya lebih pintar dari anda, namun hanya karena saya mengenal ilmu ini lebih dahulu daripada anda. Mungkin suatu saat diantara anda sekalian ada yang lebih mengerti ilmu ini daripada saya. Saya yakin itu.”
    Pernyataan diatas sudah memberikan dorongan kepada siswa untuk lebih santai dan lebih menikmati kebersamaannya dengan anda. Jika kelas sudah santai dan dinikmati, maka pelajaran mudah diberikan. Dalam memberikan pelajaran, anggaplah anda sedang bercerita tentang pengalaman anda sehingga ilmu apapun itu tidak terkesan menyeramkan.

    Mengajar itu memberikan motivasi
    Dalam mengajar, pastikan selalu memberikan motivasi kepada siswa anda. Motivasi bisa dilakukan di seluruh waktu, namun akan lebih baik seperti ini:
    • Motivasi di pertemuan pertamaUntuk ini saya menjiplak guru SD saya dulu, namanya pak Jamari, beliau adalah guru IPA kelas 2. Saat pertemuan pertama, beliau membawa sebuah gambar Thomas Alva Edison dan memajangnya di depan kelas lalu bercerita tentang Thomas Alva Edison. Ketika saya naik kelas, saya melihat guru saya itu melakukan hal yang serupa pada adik kelas saya. Ya, setidaknya bagi anak-anak kelas 2 SD, kisah Edison itu inspiratif.
    • Motivasi pada tengah pelajaranSaya terbiasa memberikan hadiah bagi mereka yang dapat mengerjakan sesuatu yang saya tugaskan di tengah-tengah pelajaran. Ini saya tiru dari seorang guru biology SMP saya. Reward itu bisa berupa makanan atau minuman dan terkadang alat tulis. Reward ini bisa menyesuaikan dengan kebutuhan. Mungkin untuk guru sekolah bisa dengan menjanjikan kebebasan pekerjaan rumah bagi yang dapat menjawab pertanyaan. Yah, hal-hal semacam itulah, tergantung bagaimana kreatifitas dari anda sendiri.
    • Motivasi di akhir pelajaranUntuk ini saya mencontoh dari tayangan di TV yang menampilkan kilasan sebelum jeda iklan. Saya terbiasa memberikan preview pelajaran selanjutnya pada bagian yang menarik sebelum kelas berakhir. Hal ini membuat siswa kita menjadi semangat untuk mengikuti kelas kita selanjutnya. Penasaran adalah senjata guru untuk membuat kelasnya menjadi diminati oleh murid-muridnya. 
    • Dan tak lupa, sebagai seorang guru anda haruslah menjadi seseorang yang menyakinkan bahwa mereka bisa melakukan sesuatu. Jangan menggunakan kalimat-kalimat yang menurunkan keyakinan mereka terhadap diri sendiri. Bagi saya tidak ada siswa yang bodoh, namun mereka hanya memiliki perbedaan dalam memahami sesuatu.

    Mengajar itu memberikan contoh
    Seorang guru SMA saya pernah mengatakan bahwa “ajarkan apa yang kamu bisa, bukan apa yang kamu tahu”. Maksudnya adalah apa yang anda ajarkan adalah sesuatu yang juga anda mengerti dan bisa lakukan. Lakukan dengan memberikan contoh. Ketika memberikan pelatihan, saya lebih banyak memberikan contoh dan mempraktekkan langsung supaya siswa mengerti dan tidak hanya mengimajinasikan dalam pikiran saja. Oleh karena itu sebagai guru anda harus paham konsep dari suatu hal yang anda ajarkan. Pemahaman konsep akan membuat anda mudah memberikan contoh apa saja dan memecahkan problematika yang mungkin dihadapi oleh para siswa.
    Hal-hal diatas hanyalah sekelumit dari bagaimana mengajar yang baik. Selain dari pengalaman mengajar, pengalaman saya duduk sebagai siswa dari kecil hingga dewasa juga mempengaruhi kesimpulan tentang bagaimana seorang guru seharusnya mengajar. Mungkin ada yang mau menambahkan?

    Kalimat-kalimat yang terkait
    apa yang anda lakukan sebelum anda mengajarkan kepada siswa anda. trik mengajar. trik_ trik cara mengajar yg baik. trik cara mengajar yang benar. contoh tanggapan orng tua siswa tidak naik kelas. pertemuan pertama mengajar anak smp. pertanyaan trik dan tips guru dan mengajar. contoh motivasi kepada siswa sebelum pembelajaran. cara mengajar anak sma yang menyenangkan. cara seorang guru memperkenalkan diri di depan siswa SMA. tips mengajar murid sd. trik seorang guru agar siswa mencintai biologi. cara mengajar siswa smp. tips dan trik mengajar anak sd. cara mengajar anak sd yang menyenangkan. tips mengajar pertama sebagai guru. saran dari tentor buat muridnya yang pinter. facebook. contoh reward yang baik untuk siswa. memberi hadiah pada murid. trik dan tips mengajar. supaya jadi tertarik. kiat-kiat guru untuk mengajar anak smp. memberikan hadiah kepada siswa. contoh guru sedang mengajar anak SD. tips menjadi guru yang menarik dan menyenangka bagi siswa smp. cara memberi masukan untuk anak smp. cara agar anak suka ketika menjadi guru pertama kali. memberi contoh yang baik kepada murid. contoh bagaimana memperkenalkan diri di depan siswa sebagai guru baru.

    Penulis : Iwan Restiono
    Sumber : http://hanyalewat.com/20131070/trik-mengajar-supaya-siswa-tertarik-dan-termotivasi.html
  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

SMP Muhammadiyah 2 Semarang (SMP MUDA)

Kegiatan Dugderan 2023

DUDGERAN adalah tradisi perayaan menyambut bulan Ramadhan yang dilakukan oleh umat Islam di Semarang Jawa Tengah. Tradisi ini juga menjadi p...

contact form

Nama

Email *

Pesan *

Contact form

Nama

Email *

Pesan *

Cari Blog Ini

about

about

Kegiatan Ekstrakurikuler HW

Kegiatan Ekstrakurikuler HW
Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan, lebih dikenal dengan Hizbul Wathan adalah organisasi otonom di lingkungan Persyarikatan Muhammadiyah yang bergerak di bidang kepanduan.

Posts Title Display

4/headline/slider
7/recent-posts/grid

Kabar SMP Muda

5/Kabar SMP/fbig

Trending Posts Display

Kolom Ortu

8/Ortu/column

Theme Translation

12/random-posts/slider

Home Layout Display

fbbox/https://www.facebook.com/SMP-Muhammadiyah-2-Semarang-316275955090197
-

Facebook

Theme Layout

Subscribe Us

6/Berita/slider